PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat
ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang
pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang
kelancaran pekerjaan bidang
administrasi dengan memanfaatkan software
Microsoft word, excel dan access.
Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa
menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan
optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar,
bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan
sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah
beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya · Melalui mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada
perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam
penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi.
Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif.
Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif.
Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi,
siswa akan dengan
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua
aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi,
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan
segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan
mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi
Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan
yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan
pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan
Komunikasi adalah:
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi
untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai
dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan
mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa
bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri
dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan
Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja,
dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal,
menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil
mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif,
inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi
dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah seharihari.
Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut, kita harus
mengintegrasikan TIK dalam proses belajar mengajar di SD/madrasah bukan
hanya untuk mata pelajaran teknologi dan informasi saja. Melihat kondisi TIK
pada saat ini dan perkembangannya di masa datang, kita harus mempersiapkan diri
dan melakukan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan TIK di SDN/madrasah. Jika
kita tidak memulainya sekarang maka SDN/madrasah
sebagai salah satu institusi pendidikan selain sekolah yang berada dibawah
Depdiknas akan tertinggal oleh sekolah lain. Jika ini terjadi, usaha kita akan
semakin berat untuk mensejajarkan SDN/madrasah
dengan sekolah lain. Di satu sisi, kita sedang berusaha mengejar ketertinggalan
dalam mata pelajaran khususnya MIPA dan Bahasa Inggris, di sisi
lain TIK akan membuat kita tertinggal semakin jauh. Mengamati Program
Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas Untuk mengejar ketertinggalan
pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat ini Depdiknas
mempunyai program pengembangan TIK secara besar-besaran.
Ada tiga posisi penting di Depdiknas dalam program
pengembangan TIK, yaitu:
1. Bidang kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di
SMK. Pengembangan TIK secara teknis baik hardware dan software masuk dalam
kurikum pendidikan. Dibentuknya ICT center di seluruh Indonesia. Untuk
menghubungkan sekolah-sekolah
di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.
2. Pustekkom, sebagai salah satu ujung tombak dalam
pengembangan TV pendidikan interaktif, Elearning dan ESMA. Program ini
bertujuan untuk mempersempit jurang perbedaan kualitas pendidikan antara kota
besar dengan daerah.
3. Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), bertujuan
untuk mengintegrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan
yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa
depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet. Melihat
program yang diadakan oleh Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut
karena bersifat terbuka.
Pengembangan TIK di Sekolah
Dasar secara Mandiri
Kita belum terlambat untuk mempersiapkan diri dalam penguasaan TIK sebagai
media pembelajaran di Sekolah
Dasar. Mulai saat ini pihak Sekolah
Dasar Negeri dan SD
Swasta harus membuat sebuah program pengembangan TIK secara menyeluruh. Ada
beberapa poin untuk membuat suatu perencanaan pengembangan TIK, diantaranya:
1. Mempersatukan visi dan misi pengembangan TIK yang
ingin dicapai antara Kepala sekolah, guru dan orang tua.
2. Pembentukan Komite Teknologi (Organisasi Labkom) yang
mandiri
3. Mengidentifikasi infrastruktur lembaga, baik hardware,
software maupun sistem dan jaringan yang sudah dimiliki
4. Penentuan hardware dan software yang akan digunakan
atau dikembangkan.
5. Mengidentifikasi SDM yang dimiliki
6. Menentukan bentuk pelatihan penguasaan TIK baik untuk
guru dan staf lainnya.
7. Adanya Time schedule yang jelas untuk pencapaian
program
8. Penentuan Investasi yang diperlukan secara berkala
tiap tahun
9. Mengidentifikasi perkembangan software dan kurikulum
baru
10. Mengadakan revisi perencanaan disesuaikan dengan
perkembangan yang terjadi.
Dengan perencanaan yang matang, kita bisa mengembangkan
TIK secara bertahap di Sekolah
Dasar agar tidak tertinggal dari sekolah lain. Program yang dibuat haru
dilaksanakan secara berkelanjutan meskipun terjadi pergantian kepala sekolah. Pemanfaatan TIK
Sebagai Media Pembelajaran TIK bukan merupakan teknologi yang berdiri sendiri,
tetapi merupakan kombinasi dari hardware dan software. Ada hal penting
yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran yaitu
hardware dan software yang tersedia dan jenis metode pembelajaran yang akan
digunakan. Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya:
1. Presentasi
Presentasi
merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart.
Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop
dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK
diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya
menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita
sampaikan. Software yang paling banyak digunakan untuk presentasi
adalah Microsoft Powerpoint. Ada beberapa hal
yang harus diperhatikan dalam pembuatan bahan presentasi, diantaranya:
a. Jangan terlalu
banyak tulisan yang harus ditampilkan.
b. Tulisan jangan
terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa.
c. Perbanyak
memasukkan gambar dan animasi
d. Usahakan
bentuk presentasi yang interaktif.
2. Demonstrasi
Demontrasi
biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya
eksperimen. Kita bisa membuat suatu film caracara melakukan suatu kegiatan
misalnya cara melakukan pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil
sebagian kegiatan yang penting. Sehingga dengan cara ini siswa bisa kita
arahkan untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari
kegiatan tersebut.
Cara lain adalah memanfaatkan media internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan (meskipun tidak semuanya tersedia). Sebagai contoh untuk menampilkan arah vektor dari perkalian silang kita bisa mengakses internet dengan alamat
Cara lain adalah memanfaatkan media internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan (meskipun tidak semuanya tersedia). Sebagai contoh untuk menampilkan arah vektor dari perkalian silang kita bisa mengakses internet dengan alamat
>M
Choiri_122013